Ecotourism Di Pasaman Barat

Eksplore Sinuruik,  Pasaman Barat. 


Hai Sobat Traveler,  kali ini Saya akan bercerita tentang pengalam Saya Explore Desa Sinuruik,  Pasaman Barat.  

Bertualang ke Sinuruik, kami bermalam di Mess Wali nagari - sebelah Kantor Camat.  Setelah Sholat Subuh, belum sarapan pagi, Saya di ajak oleh Roby, sohib saya untuk berkeliling di Desa sinuruik.  Dengan Mobil Jeep nya yang tampan, bukan orang nya kami pun mengeliling Sinuruik,sedangkan Saya berdiri di atas mobil Jeep. Desa yang begitu indah dan alami dengan pemandangan alam yang masih beraroma kental pedesaan. 
Lokasi pertama yang kami datangi adalah Pak Sudirman,  seorang petani Aren yang memproduksi Gula merah.  Kami mengikuti kegiatan Pak sudirman yang menanggung 6 orang anak. Kakek Tua ini berusia 65 Tahun.  Namun masih tetap kokoh melaksanakan tanggung jawab beliau sebagai kepala Rumah tangga.  

Setelah Sholat subuh Pak sudirman sudah bersiap untuk memanjat pohon aren.  Beliau menaiki pohon aren tersebut menggunakan tangga yang terbuat dari Bambu,  pohon setinggi 6 meter tersebut dengan mudah di naiki sambil bernyanyi.  Konon ada sebuah lagu khusus untuk menaiki pohon aren tersebut,  agar orang yang memanjat pohon aren tidak merasa gamang dan hasil yang diambil juga banyak.  

Pak sudirman pun mengambil air yg sudah ditampung dari kemaren untuk di olah menjadi Gula merah.  Kami menyaksikan dan melihag proses demi proses pembuagan gula merah.  Sungguh pengalaman yang belum pernah kami lihat sebelumnya.  

Setelah mencicipi minuman Kopi Kawah, Pak Sudirman juga memperlihatkan bagaimana proses pembuatan Kopi Kawah, ternyata Kopi kawah yang terkenal di Sumatra Barat berasal dari daun kopi yang di sanghai untuk memperoleh hasil yang bagus dan aroma kopi kawah yg nikmat.

Seperti Teh,  namun terasa lebih nikmat dengan gula aren dan bau asap yang terasa beda di lidah.  

Hhmmm So,  Sobat Traveler. .. 
Masih banyak hal yang akan saya ceritakan tentang pasaman barat.  
Next di judul berikutnya.  


Komentar

Postingan populer dari blog ini

LORENT HOMESTAY

PAGANG ISLAND

CLIMBING MOUNT MERAPI